Pada tanggal 31 Maret 2017 tercatat sebagai hari kelahiran Asosiasi Pengembang Teknologi Pembelajaran Indonesia yang disingkat dengan APTPI. Saya termasuk orang yang paling bahagia dengan lahirnya APTPI (hehe… kayak orang yang melahirkan saja…).

Kalau dilihat dari proses kelahiran APTPI sebetulnya sangat panjang dan cukup melelahkan. Kami memerlukan kurang lebih 2 tahun untuk mengandungnya. Ide mendirikan asosiasi berawal dari sekelompok PTP yang merasa masih sangat buta kalau tidak mau dibilang bodoh dalam hal pengembangan teknologi pembelajaran. Sejak saya dan beberapa teman dari UNS Solo masuk sebagai JF-PTP per-tanggal 1 April 2014 mulailah kami berupaya mencari bentuk dan jati diri PTP. Dengan mencari informasi dari berbagai sumber baik dari dalam instansi maupun dari luar terkait dengan karir PTP ke depan.

Bersama dengan Saudara saya Mas Ngadimin PTP FE UNS, kami berinisiitaif membuat forum komunikasi antar PTP, dengan membentuk semacam perkumpulan atau Asosiasi.  Beberapa pertemuan kami adakan untuk mewujudkan mimpi membentuk Asosiasi :

  1. Tanggal 3 Februari 2015 dihadiri oleh 10 orang PTP UNS.

Banyaknya permasalahan terkait dengan karir PTP, kami sepakat untuk membentuk forum komunikasi (wadah kegiatan) antar PTP

  1. Tanggal 3 Maret 2015

Pada pertemuan kedua selain diahadiri oleh PTP UNS juga dihadiri oleh PTP LPPKS. Pada pertemuan ini disepakati untuk mengidentifikasi kebutuhan pembentukan APTPI dengan menunjuk personil dan penanggungjawab penyusun AD/RT, Program kerja, Logo dan Bendera

  1. Tanggal 12 Maret 2015

Pada pertemuan ketiga dsepakati untuk mengkomunikasikan pembentukan Asosiasi kepada Pustekkom degan mempersiapkan kebutuhan-2 pembentukan APTPI.

  1. Tanggal 19 Maret 2015

Pada pertemuan dengan pihak Pustekom yang diwakili oleh Pak Abu (seamolec) sepakat untuk tidak tergesa-gesa membentuk asosiasi dengan alasan politis.

  1. Tanggal 29 November 2015

Pada pertemuan ilmiah Seminar Naional Pengembangan ICT dalam pembelajaran di UNS yang kebetulan pembicaranya adala Pak Atwi Suparman dan Pak Purwanto mewakili Ka. Pustekkom PTP yang hadir dari beberapa wilayah  (PTP Yogya, Jabar, DKI, Bengkulu, Jatim, Riau) bersepakat untuk membentuk forum komunikasi melalui grup WA APTPI sebelum terbentuk APTPI resmi.

  1. Tanggal 27 Desember 2016

Perjuangan pembentukan asosiasi ternyata di dengar oleh Pejabat Kemdikbud (Pustekkom), pada pertemuan di Hotel Grand Zuri Yogyakarta Ka. Pustekkom menyatakan setuju 1000 % untuk dibentuk asosiasi yang akan menjadi wadah perjuangan rekan-rekan PTP dalam mengembangkan karir PTP nya. Untuk mewujudkan pembentukan Asosisasi maka dibentukalah tim kecil yang bertanggungjawab menyusun AD/ART, Program kerja dan Tata tertib serta komposisi kepengurusan APTPI.

  1. Tanggal 27 Februari 2017

Pada pertemuan ini disepakati draft Anggaran Dasar APTPI melalaui perdebatan yang cukup alot, juga disepakati untuk membentuk tim  penanggung jawab desain logo, bendera, seragam dan yang tidak kalah penting adalah pencipta dan aransemen Mars APTPI.

  1. Tanggal 16 Maret 2017

Pertemuan terakhir sebelum diselenggarakan kongres APTPI berhasil disepakati beberapa kompnen dasar untuk membentuk APTPI antara lain : Anggaran Rumah Tangga APTPI, desain Logo APTPI, Bendera APTPI, Desain batik sergam APTPI dan Mars APTPI. Mars APTPI diciptakan oleh Arif Budi Solihin PTP dari BPMRP Yogyakarta.

Perlu diketahui tema-teman PTP Indonesia, tanpa bermaksud untuk mengurangi peran PTP yang lain pada pertemuan terakhir ini teman-teman dari PTP UNS, LPPKS, P4TK Seni Budaya Yogya, P4TK Matematika Yogya, BPMRK Yogya berjuang seharian penuh sampai dengan pukul 20.00 WIB menyelesaikan semua kebutuhan dasar untuk membntuk APTPI. Terimakasih teman… Jasa Bp/Ibu membidani lahirnya APTPI tidak ternilai… semoga pengurus APTPI tahun 2017-2019  yang sudah terbentuk dapat bekerja dengan baik sesuai dengan harapan kita.

SELAMAT BEKERJA PENGURUS APTPI 2017-2019

  1. Mohammad Adning Ketum
  2. Sunarto Kethar
  3. Budi Tri C
  4. Resti
  5. Jakim

Catatan ini saya buat hanya sekedar untuk dokumentasi saja tidak ada tendensi apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar