بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ * الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ  * اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Di malam yang berkah ini, kami seluruh warga rt. 7-8 Rw V Karangrejo, Ngringo, Kab. Karanganyar  dengan penuh kerendahan hati bermunajat dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadiratMu. Engkau yang menciptakan alam semesta, Engkau jugalah yang mengaturnya, dan Engkau pula yang telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan. Ya Allah Tuhan kami…, Kami Agungkan NamaMu karena Engkau satu-satunya tempat kami menyampaikan harapan, mencurahkan isi hati kami, karenanya Ya Allah terimalah kehadiran kami di sini dengan sifatMu yang Rahman dan Rahim. Perkenankanlah kami, pada renungan dan tirakatan malam  ini, untuk mensyukuri nikmat agung anugerahMu: nikmat kemerdekaan yang sekarang sudah berumur 74 th.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah malam renungan hari kemerdekaan RI ke 74  sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa khususnya warga Karangrejo. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, dan perpecahan. Kuatkan ikatan di antara bangsa kami agar senantiasa saling menyemai kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menampakkan keramahan, dan saling menyokong kemajuan. Jauhkan kami dari sifat kikir, tamak, iri dan dengki agar kami dapat hidup bertetangga dengan aman, nyaman dan senantiasa saling menjaga persaudaraan sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan ridla-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Jernihkan hati kami untuk memahami makna sejati memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan,     dan kesejahteraan yang merata. Mantapkan langkah kaki kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan masa depan anak cucu kami.

Ya Allah Ya Ghofar…

Kami menyadari pada waktu Engaku memberi karuniaMu kami mungkin kurang mensykuri nikmatMu, namun pada waktu Engkau memberi cobaan kami kadang masih meragukan kasih sayangMu. Terkadang kami lalai, lupa dan khilaf oleh karena itu ya Allah…

Ampunilah kesalahan kami, dosa ibu bapak kami dan guru kami, dosa para pemimpin kami dan khusus pada malam hari ini kami mohon dengan ketulusan hati kami agar para pahlawan dan syuhada yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI diberi tempat yang layak di SurgaMu ya Allah. Muliakan mereka dengan kehidupan hakiki di alam abadi.

Ya Allah ya alim… Engkau yang maha kaya atas segala ilmu dan pengetahuan.  Tunjukanlah kepada kepada kami… yang benar terlihat benar dan berikanlah kekuatan kepada kami untuk melaksanakannya, tunjukanlah kepada kami yang salah terlihat  salah dan berikanlah kekuatan iman kepada kami sehingga kami mampu untuk menjauhinya. Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur. ‘Ya Allah, aku berlindung dengan ridhaMu dari murkaMu dan dengan maafMu dari hukumanMu. Aku berlindung dengan diriMu dari siksaMu. Walau kami tidak mampu memujimu sebagaimana pujianMu’

Ya Allah Ya Karim…

Limpahkanlah kepada kami rezeki yang barokah agar dapat memberi energi positif kepada anak cucu untuk berbakti kepada bangsa kami dan jauhkanlah kami dari rezeki yang tidak Engkau Ridhloi.

Jadikanlah kami, anak cucu kami, guru-guru kami terus istiqomah berkhidmat menabur bakti kebaikan membangun umat dan masyarakat, bangsa dan negara. Jadikanlah negara kami  sebuah negara yang mendapat limpahan rahmat dan nikmat sebagai negara yang Baldatun Thoyibatun wa Robul Ghofur.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ * بِفَضْلِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ   عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*